4.01.2008

Nasi Ayam Hainan


Description:
Makanan kesukaan saya sepanjang masaaa...
Sukaaaaaaaaaaaaaaaaa sekaliiiiiii....
Nyam nyam nyam slurp!

Ini resepnya saya dapat di http://resep.dekap.com/
Foto dari http://ligagame.com



Ingredients:
Bahan nasi hainan:
3 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
5 siung bawang putih, cincang halus
1000 ml kaldu
1 sdt garam
500 gr beras putih, cuci bersih, tiriskan

Bahan ayam hainan :
3 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
2 siung bawang putih, memarkan
3 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 ekor ayam, belah 2 bagian
1500 ml kaldu ayam
1 batang daun bawang, potong-potong

Bahan pelengkap :
Mentimun
Sambal botolan atau sambal rebus (3 cabai merah, 7 cabai rawit merah, 2 siung bawang putih, direbus, angkat lalu haluskan. Tambahkan 1 sdt garam dan 1 sdm jahe parut, aduk rata. Beri kecap asin dan minyak wijen secukupnya.)

Directions:
1. Nasi hainan : panaskan minyak goreng bersama minyak wijen. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum, masukkan kaldu, beri garam. Didihkan. Masukkan beras dan masak hingga nasi menjadi aron yang kering, angkat dan kukus selama 30 menit.
2. Ayam hainan : panaskan minyak goreng bersama minyak wijen, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ayam, air, jahe, garam, merica dan daun bawang. Masak hingga ayam lunak, angkat. Biarkan agak dingin. Poton-potong sesuai selera.
3. Saring air sisa rebusan untuk kuah.
4 . Sajikan nasi hainan dan potongan ayam hainan, lengapi dengan kuah, irisan mentimun, dan sambal.

14 komentar:

  1. Yummy sekaliiii... saya juga mauuuu....
    tapi males bikinnya.. mendingan beli yg udah jadi.. ihikikikikik

    BalasHapus
  2. Sepertinya masaknya rada repot ya jeng.. *pemalas*

    BalasHapus
  3. aku suka nasi hainan tapi kalo bisa pake bebek

    *pemilih*

    BalasHapus
  4. Ya ampyun neeennnggg... aku juga suka nasi hainan pake bebeekkk....! Memang lebih sedap pake bebek daripada ayam.. tapi ayam enak juga...

    *pemakan segala jenis daging-dagingan*

    BalasHapus
  5. aduh jeng adia... punten yak tadi gw sendnya ke PM... salah klik euy... maklumlah.. mata semakin rabun sajaa...

    BalasHapus
  6. hiyaaaa!!! tos duluuuu ... di solo jarang tau nasi hainan ... jadi agak2 kalap kalo denger namanyah ... hihihihi bebek emang mangtabs deh ... cute and delicious yummy!!!

    BalasHapus
  7. bwahahahaha .... sama gue suka rabun mau komen jadi PM

    BalasHapus
  8. enak neh kek kek nya... tapi males bikinnya... gimana dung

    BalasHapus
  9. enyak..enyak...yang dipoto itu aku ambil yah....

    BalasHapus
  10. Yaakkk... memang enaaakkkk... tapi saya juga malas bikinnya... hehehe...
    yuk yuk mari silahkan diambil saja kalo cuma fotonya doang sih... hihihihi...

    BalasHapus